Minggu, 02 September 2018

KULIAH MALAM ITU BISAKAH NANTINYA MENJADI SARJANA YANG SUKSES ?

KULIAH MALAM ITU BISAKAH NANTINYA MENJADI SARJANA YANG SUKSES ?
                 
Hai Sobat Semua....kali Ini Saya akan menjelaskan atau berbagi Sebuah pengalaman yang tentunya Fakta dan akan Menjadi wawasan utuk sobat semua...
Oya sobat semua kata guruku dulu semakin kita banyak membaca akan semakin banyak inspirasi yang kita dapat.untuk itu sobat semua youk kita baca sampai habis ya teman-teman.

KULIAH MALAM ITU BISAKAH NANTINYA MENJADI SARJANA YANG SUKSES ?


Selama ini banyak   beranggapan yang kita dengar bahwa untuk meraih sukses seseorang harus memiliki gelar sarjana, kuliah di tempat bagus, kalau bisa di luar negeri bahkan hingga S2 dan S3. Kita dididik dan dibesarkan dalam lingkungan masyarakat yang masih ‘mendewakan’ pendidikan. Makanya, ketika kita dapat nilai jelek di sekolah meski masih kelas 1 SD, kita bakal diomelin, dimarahin. Karena orangtua kita takut kita nggak naik kelas atau nggak lulus, susah dapat kerja lalu jadi orang yang gagal. Seperti itulah kebanyakan pemikiran setiap orang. 

Tapi sekarang saatnya kita mengubah pandangan itu. Bukannya pendidikan nggak penting lagi, hanya saja udah banyak orang yang jadi saksi hidup, bahwa kesuksesan nggak hanya tergantung dari bangku kuliah. Kamu bisa tetap sukses meski hanya lulus SMA atau bahkan nggak kuliah. Nggak percaya?
Coba deh lihat di sekitar kita
Orang yang tidak memiliki gelar sarjana banyak yang sukses, tergantung kemauan kita utuk meraih kesuksesan itu,
 Ok Sobat semua sedikit Saya perkenalkan Diri saya,
 saya adalah mahasiswa kelas malam di salah satu kampus
STIE RIAU- AKBAR di kota Pekanbaru


  Saya adalah seorang karyawan swasta, karena keterbatasan biaya dan lain-lain, setelah lulus SMK saya tidak langsung kuliah, sempat tertunda beberapa tahun sebelum akhirnya memutuskan untuk masuk kuliah. Mungkin  diantara para pembaca ada yang memiliki kisah seperti saya.
Emang apa sih enaknya kuliah malam??

Oke.. jangan dulu dijawab. saya ingin cerita terlebih  dahulu mengenai saya memutuskan untuk masuk di kelas tersebut.
Karena sudah menjadi seorang pekerja tentunya waktu sudah habis dengan kerjaan-kerjaan yang harus diselesaikan, oleh karena itu saya tidak bisa masuk kelas reguler seperti perkuliahan biasanya. Waktu itu setelah tabungan sekiranya cukup untuk melakukan pendaftaran, saya mulai Googling mencari kampus-kampus yang memiliki program kelas karyawan, dan akhirnya melakukan pendaftaran di kampus tersebut.
Saya mengambil program studi
S1 Manajemen.
Apa aja sih alasan masuk kuliah walaupun sudah berkerja?

1. Ingin memiliki pendidikan yang tingi

2. Untuk memperoleh kenaikan pangkat/ jabatan ditempat kerja

3. Ingin merasakan bangku perkuliahan

4. Ikut-ikutan temen

5. Mencari Jodoh .. hehe

                       
                   

SUKA MENJADI MAHASISWA KELAS MALAM

1. Teman sekelas adalah para karyawan

Tentu ini adalah nilai plus di kelas ini, para mahasiswa merupakan para karyawan dari berbagai macam perusahaan, ada yaag bekerja di supermarket, toko, karyawan bank, pendidik/tenaga kependidikan sampe dengan para supir ojeg online. jadi kita mudah saling bertukar informasi sampe curhat tentang masalah masing-masing yang terjadidi tempat kerjanya.

2. Mahasiswa berusia dewasa

Para mahasiswa dikelas ini rata-rata memiliki usia diatas rata-rata mahasiwa reguler, karena berbagai alasan. Walaupun tidak semuanya, namun dengan keadaan tersebut, kelas menjadi lebih kondusif, tidak ada mahasiswa-mahasiswa alay, lebih fokus dengan pendidikannya

3. Lebih solid dalam mengerjakan tugas

Karena dengan kesibukan masing-masing , biasanya ketika diberi tugas,para mahasiswa berkomunikasi dengan cepat, agar tugas yang diberikan selesai dan dapat segera di berikan kepada dosen.

4. Dosen lebih memahami

Maksud saya, dosen di kelas karyawan merupakan dosen-dosen yang memiliki sifat baik hati, mengerti dengan keadaan para mahasiswa nya. Biasanya para dosen tidak memberikan peraturan ketat mengenai kehadiran, justru tugas , UTS dan UAS memiliki pengaruh besar dalam penilaian. Meskipun jangan salah, ada juga kok dosen KILLER !!


DUKA MAHASISWA KELAS MALAM

1. Kehadiran minim

Itu disebabkan karena kondisi eksterbal disiang hari ditempat kerja, biasanya para mahasiswa harus pergi keluar kota, lembur atau bahkan ketika kebagian pergantian shif yang mendadak atau alasan lain, seperti kelelahan setelah bekerja sehingga sudah tak kuasa lagi pergi ke kampus

2. Lelah dan ngantuk

Kondisi ini sudah jelas banyak dirasakan kelas karyawan malam, setelah seharian melakukan aktifitas kerja, mereka harus menerima pelajaran sehingga biasanya harus banyakin ngopi hehe

3. Ada perkuliahan pagi hari

Sebenernya buka perkuliahan saja, kadang ada praktikum, seminar dan lain-lain yang sifatnya wajib sehingga kita harus memproses izin kita kepada atasan ditempat kerja.
 Ada juga lho perusahaan yang tidak ingin memiliki karyawannya yang lagi kuliah...
Jadi untung deh Tempat kerja saya Menejemennya baik semua... Heeee,,,,
Nah sobat semua jadi pada intinya kita gak boleh malu atau kalah saing dengan mahasiswa lainya,
Karena pemikiran seorang Sarjana itu jauh lebih bedah wawasannya,
 Berfikirlah secara positif
Berbuatlah secara objektif
Melakukan suatu tindakan yang agresif
Bukan menjadi seorang Perspektif.

KULIAH MALAM ITU BISAKAH NANTINYA MENJADI SARJANA YANG SUKSES ?                                                             

                       
                       
      Kalimat yang sangat bijak dan pertanyaan yang hendak selalu menghampiri kita.
 Tapi sobat semua untuk menentukan sebuah jawaban itu atau pun menjawab pertanyaan ini saya atau pun kamu pasti sudah memiliki atau mengantongi jawaban dari pertanyaan tersebut, dan jawaban itu ada dalam diri kita sendiri,
 Dimana setelah kamu lulus nanti kamu akan kemana dan menjadi apa, itu adalah kunci dari keberhasilan mu,,,,

Kuliah malam menjadi sarjana yang Sukses itu yang kita mau dan itu Yang kita impikan
 Dan  Saya bangga kita bangga nantinya KISAH kuliah Malam ini adalah sebuah cerita yang amat Indah untuk kita ceritakan kepada Anak-anak kita nantinya.
Untuk Semua Mahasiswa semangatlah Dan Berdoalah Kepada Tuhan untuk mengejar Mimpi Menjadi seorang Sarjana Yang sukses..
Terutama kepada Teman-teman seperjuangan  saya Mahasiswa STIE-AKBAR Kelas B6 Manajemen.
Semoga  artikel ini Bermanfat dan Berguna untuk si pembaca sebagai dasar atau pun modal Untuk kita Berpikir secara relatif.
Salam dari Mahasiswa Kuliah Malam.


Penulis Artikel : Simon Petrus Situmorang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kuliah Malam

KULIAH MALAM ITU BISAKAH NANTINYA MENJADI SARJANA YANG SUKSES ?

KULIAH MALAM ITU BISAKAH NANTINYA MENJADI SARJANA YANG SUKSES ?                   Hai Sobat Semua....kali Ini Saya akan menjelaskan...